4 Hal yang Dapat Dilakukan di Banyuwangi yang Akan Membuat Perjalanan Anda Tak Terlupakan

Bagi sebagian besar orang Indonesia dan beberapa orang asing, Banyuwangi dikenal sebagai persinggahan ketika bepergian ke Pulau Dewata, Bali. Sedikit yang mereka tahu, Banyuwangi memiliki lebih dari beberapa permata tersembunyi sendiri yang menunggu untuk dibuka.

Terletak di ujung timur Jawa, Banyuwangi adalah tempat yang baik untuk menjelajahi beberapa spot Jawa Timur yang tak terlupakan. Di sinilah Anda dapat memulai petualangan Anda dengan nyala blue fire yang menakjubkan dari Kawah Ijen, menaklukkan Gunung Raungor yang mengesankan, menaklukan 7 gelombang ombak legendaris di Pantai Plengkung/G-Land.

Jadi apa lagi yang bisa kamu lakukan di sini? Baca di bawah ini untuk rangkuman semua hal yang dapat dilakukan di Banyuwangi.

  1. Mengeksplorasi pantai

Kegembiraan di bawah sinar matahari tidak pernah cukup dan Banyuwangi adalah tempat yang menawarkan terik di matahari yang pernah Anda cari di Jawa atau Bali. Bagian terbaik? Sebagian besar pantai dekat wilayah ini masih bersih dan tak tersentuh menjadikannya tempat yang sempurna untuk petualangan terpencil.

Menyelam, snorkeling, dan berjemur hanyalah beberapa aktivitas khas yang dapat dilakukan di salah satu pantai di Banyuwangi yang mengandung beberapa biota bawah laut yang paling menakjubkan. Namun, pantai di wilayah ini menawarkan lebih banyak.

Beberapa pelarian terbaik di wilayah ini adalah Pulau Tabuhan, tempat yang ideal untuk kiteboarding; pantai Pulau Merah yang menawan dengan pasir dan tanahnya yang kemerahan, ideal untuk peselancar yang ingin berlatih tubing; pantai Grajagan yang mempesona dengan pasir hitamnya dan nelayan tradisional yang siap membawa Anda dalam perjalanan memancing tradisional, juga cocok untuk peselancar yang ingin naik ombak; dan pantai Plengkung yang legendaris, atau G-Land, yang terkenal dengan 7 gelombang ombaknya yang dapat mencapai ketinggian 6 meter, merupakan tantangan nyata bagi peselancar profesional di seluruh dunia.

  • Menaklukkan gunung berapi

Banyuwangi juga merupakan rumah bagi beberapa gunung berapi dan kawah paling menakjubkan di Indonesia. Salah satu gunung berapi paling masif di daerah ini adalah Gunung Raung, yang berdiri 3.282 meter di atas permukaan laut. Salah satu jalur untuk hiking ke puncak Gunung Raung dianggap sebagai salah satu pendakian gunung paling ekstrim di Indonesia. Ini sangat cocok untuk pemberani yang ingin menguji kecerdasan dan stamina mereka terhadap alam. Perjalanan itu, tentu saja, akan sangat berharga setelah Anda sampai di puncak.

Tapi tahukah Anda mengapa kebanyakan orang berbondong-bondong ke kompleks stratovolcano ini? Untuk melihat sekilas api biru yang mempesona yang terletak di Kawah Ijen. Tontonan memesona ini sering terlihat mengalir menuruni gunung di malam hari. Api biru sebenarnya adalah cahaya dari pembakaran gas belerang yang muncul dari retakan di gunung berapi pada tekanan dan suhu tinggi. Ketika mereka bersentuhan dengan udara, mereka menyala, mengirimkan api setinggi 5 meter.

Apakah Anda memiliki keberanian untuk menaklukkan beberapa gunung berapi paling mematikan namun menarik yang terletak di Cincin Api dunia?

  • Mengikuti festival lokal

Banyuwangi Festival adalah festival tahunan tahunan yang diadakan oleh pemerintah kabupaten Banyuwangi. Acara ini terdiri dari puluhan festival dan acara yang diadakan sepanjang tahun.

Acara-acara di festival ini adalah campuran yang menarik dari acara budaya, tradisional dan modern, seperti festival musik Ijen Summer Jazz Banana, kompetisi Kite and Wind surfing dan banyak festival atau perayaan tradisional lainnya. Jika Anda ingin pengalaman yang lebih budaya, datanglah ke Festival Kuwung (Rainbow Festival) yang diadakan pada akhir setiap tahun yang mempromosikan seni dan budaya Banyuwangi yang sebenarnya. Untuk pengalaman yang lebih modern, datanglah ke festival musik Ijen Summer Jazz Banana pada bulan Oktober untuk menikmati suara yang menenangkan dan funky dari musisi lokal dan internasional yang terkenal.

  • Menjelajahi Alam Liar

Indonesia adalah rumah bagi beberapa alam terbaik di dunia. Satwa liar menakjubkan, flora memikat, dan hutan lebat yang tampaknya telah bermanifestasi dari fantasi dongeng klasik.

Satu tempat yang bisa Anda jelajahi adalah Taman Nasional Baluran, juga dikenal sebagai Africa Van Java atau Little Africa in Java. Taman ini memiliki banyak situs menarik, seperti Hutan Evergreen yang rimbun, Goa Jepang yang bersejarah, dan pantai Bama yang kaya akan karang. Taman ini juga memiliki 444 jenis flora dan lebih dari 200 jenis fauna.

Wilderventure lain yang bisa Anda lakukan adalah perjalanan ke Taman Nasional Alas Purwo yang mistis. Taman ini adalah rumah bagi beberapa spesies langka dan terancam punah di Indonesia. Namun, taman ini lebih dari sekadar cagar alam. Dalam bahasa Jawa, Alas Purwo secara harfiah berarti “Hutan Kuno atau Hutan Purba”. Menurut legenda setempat, Alas Purwo adalah situs tempat bumi pertama kali muncul dari laut. Banyak yang mencari pencerahan spiritual dan mistikus berkumpul di sini selama bulan Suro, Tahun Baru Jawa.

Jadi, ini hanya beberapa hal yang harus dilakukan ketika di Banyuwangi. Bersenang-senanglah dalam perjalanan Anda dan ketika pintu masuk ke Alas Purwo, ada pepatah berkata “Jangan tinggalkan apa pun selain jejak kaki, jangan ambil apa pun selain foto.”

Sumber: https://www.indonesia.travel/de/en/trip-ideas/4-things-to-do-in-banyuwangi-that-will-make-your-trip-unforgettable

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *